VISI JANGKA PANJANG HAJI MUBARAK DI BALIK KERJA SAMA DENGAN BERITA ALTERNATIF

Dekan FAI Unikarta & Kaprodi FAI Unikarta

FAIUNIKARTA.AC.IDDekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kutai Kartanegara (Kukar), Haji Mubarak mengatakan, kerja sama penerbitan opini mahasiswa dan dosen bersama Berita Alternatif merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

Mubarak berharap penerbitan artikel mahasiswa dan dosen FAI Unikarta di portal beritaalternatif.com dapat dimulai pada Tahun Ajaran 2022-2023. “Itu harapan saya,” ucapnya, Senin (28/3/2022).

Kata dia, artikel para dosen FAI Unikarta yang diterbitkan di media massa daring dapat menjadi poin tersendiri untuk peningkatan karier mereka.

Selain itu, artikel-artikel mahasiswa dan dosen yang diterbitkan di media tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang positif kepada masyarakat Kukar.

Hal ini juga menjadi “ajang promosi” kemampuan mahasiswa dan dosen FAI Unikarta terkait pemahaman keagamaan dan sosial kemasyarakatan. “Itu bisa menjadi bahan pertimbangan ketika pelajar ingin melanjutkan studi di FAI Unikarta,” ujarnya.

Ia mengaku memiliki visi untuk peningkatan literasi keagamaan di FAI Unikarta. Visi tersebut bertujuan membangun literasi dan kompetensi yang unggul berlandaskan sains Islam.

Untuk mencapai visi tersebut, mahasiswa dan dosen mesti memiliki literasi yang baik, salah satunya dapat dibuktikan dengan karya tulis.

Mubarak pun mendorong mereka untuk menulis, menyampaikan opini dan gagasan, sehingga dapat memunculkan kebanggaan terhadap kemampuan yang dimiliki mahasiswa dan dosen FAI Unikarta.

Kebanggaan juga akan muncul dari orang tua mahasiswa saat melihat anak-anak mereka yang menempuh pendidikan tinggi di FAI Unikarta dapat menghasilkan karya tulis yang bisa mempengaruhi pandangan publik.

Ia berkomitmen menjadikan FAI Unikarta sebagai fakultas yang akan melahirkan para intelektual andal yang bisa mencurahkan gagasan dan pemikiran mereka dalam bentuk tulisan.

“Mahasiswa kami memang diarahkan menjadi sarjana yang intelek,” terangnya.

Peluang Penerbitan Buku

Mubarak mengatakan, dalam jangka waktu satu tahun, artikel-artikel mahasiswa dan dosen FAI Unikarta yang diterbitkan di beritaalternatif.com akan dikumpulkan menjadi buku.

Jika dalam sebulan mahasiswa dan dosen FAI Unikarta memiliki empat artikel, maka dalam setahun terdapat 48 artikel yang dapat dijadikan sebagai buku.

“Bayangkan saja setahun itu kita bisa menerbitkan buku yang kita kerjasamakan ini. Jadi, nanti muncullah lagi usaha untuk menerbitkan buku,” ucapnya.

“Kenapa tidak ke depan kita menerbitkan sebuah buku? Kalau tidak bisa secara fisik, e-book yang kita siapkan,” terangnya.

Kata Mubarak, saat ini penjualan buku dalam bentuk e-book sudah sangat marak di kampus, yang tujuannya memenuhi kebutuhan referensi mahasiswa dan dosen.

Di FAI Unikarta pun terbuka peluang bagi mahasiswa dan dosen untuk menerbitkan buku yang dapat didistribusikan kepada mahasiswa.

“Satu angkatan kuliah itu misalnya ada 60 rang, dikalikan berapa harga buku misalnya, kan luar biasa ini. Ini satu hal yang kita pikirkan ekonomisnya,” jelas Mubarak.(*)

Link: Beritaalternatif.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.