BAB IV
DESKRIPSI MATA KULIAH KKNI PROGRAM STUDI
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
JENJANG SARJANA (S1)
1. Rumpun Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Wajib Universitas (MKWU) | |||
1. | Pendidikan Pancasila | MKWU 001 | |
2 SKS | |||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang, Pancasila sebagai ideologi nasional, etika politik, paradigma dalam konteks ketatanegaraan, dan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu merekonstruksi wawasan praktis tentang, Pancasila sebagai ideologi nasional, etika politik, paradigma dalam konteks ketatanegaraan, dan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. | |||
2. | Pendidikan Kewarganegaraan | MKWU 002 | |
3 SKS | |||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang, Kawasan nusantara sebagai ruang hidup bangsa Indonesia dalam mewujudkan keberagaman, partisipasi dalam politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara, dan sistem pemerintahan serta peraturan yang berlaku. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu merekonstruksi wawasan praktis tentang kawasan nusantara sebagai ruang hidup bangsa Indonesia dalam mewujudkan keberagaman, partisipasi dalam politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara, dan sistem pemerintahan serta peraturan yang berlaku. | |||
3. | Bahasa Indonesia Keilmuan | MKWU 003 | |
3 SKS | |||
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa secara lisan dan tulisan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan mempelajari karakteristik Bahasa Indonesia secara keilmuan melalui telaah literatur, diskusi, tanya jawab, dan penugasan sehingga mahasiswa dapat menyusun kalimat, mengembangkan gagasan dalam paragraf, serta menyusun karya ilmiah. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan mempelajari karakteristik Bahasa Indonesia secara keilmuan melalui telaah literatur, diskusi, tanya jawab, dan penugasan sehingga mahasiswa dapat menyusun kalimat, mengembangkan gagasan dalam paragraf, serta menyusun karya ilmiah. | |||
4. | Pendidikan Anti Korupsi | MKWU 004 | |
3 SKS | |||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang perilaku anti korupsi melalui upaya pencegahan, pemberantasan dan partisipasi warganegara dalam penguatan regulasi dan lembaga pemberantasan tindakan korupsi. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang perilaku anti korupsi melalui upaya pencegahan, pemberantasan dan partisipasi warganegara dalam penguatan regulasi dan lembaga pemberantasan tindakan korupsi. | |||
5. | Materi Pendidikan Agama Islam | MKWU 005 | |
3 SKS | |||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang materi-materi dengan substansi relasi manusia dengan Allah SWT untuk mewujudkan generasi bertakwa dengan paradigma Qur’ani; relasi mausia dengan sesama manusia dalam rangka mengintegrasikan Iman, Islam dan Ihsan; serta relasi manusia dengan lingkungannya dalam rangka membumikan Islam untuk mewujudkan kesejahteraan. Dengan demikian lahirlah generasi religius, humanis, berwawasan luas dan memiliki kepedulian. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu menghubungkan tentang materi-materi dengan substansi relasi manusia dengan Allah SWT untuk mewujudkan generasi bertakwa dengan paradigma Qur’ani; relasi mausia dengan sesama manusia dalam rangka mengintegrasikan Iman, Islam dan Ihsan; serta relasi manusia dengan lingkungannya dalam rangka membumikan Islam untuk mewujudkan kesejahteraan. Dengan demikian lahirlah generasi religius, humanis, berwawasan luas dan memiliki kepedulian. | |||
6. | Bahasa Inggris | MKWU 006 | |
3 SKS | |||
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dalam beberapa keterampilan yaitu reading, writing, structure dan speaking. Tujuan utamanya agar mahasiswa terampil mempergunakan berbagai literatur berbahasa Inggris yang akan membantunya mengembangkan gagasan serta menyusun karya ilmiah dengan sumber pustaka berbahasa Inggris. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dalam beberapa keterampilan yaitu reading, writing, structure dan speaking. Tujuan utamanya agar mahasiswa terampil mempergunakan berbagai literatur berbahasa Inggris yang akan membantunya mengembangkan gagasan serta menyusun karya ilmiah dengan sumber pustaka berbahasa Inggris. | |||
7. | Pengembangan Social Character | MKWU 007 | |
2 SKS | |||
Mata kuliah Pengembangan Social Character merupakan upaya manivestasi dari mengenal diri, lingkungan, dan peran dalam masyarakat. Selain itu adanya nilai dasar yang perlu dimiliki individu intelektual sebagai calon profesional. Maka sikap-sikap tanggung jawab, profesional, dan perilaku positif perlu dibangun. Melalui pembentukan karakter diharapkan dapat terwujud jati diri yang kuat sesuai tata nilai yang diharapkan untuk penunjang keberhasilan profesi. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu merekonstruksi perilaku positif, sikap tanggung jawab, dan profesional melalui pembentukan karakter sehingga dapat terwujud jati diri yang kuat sesuai tata nilai yang diharapkan untuk penunjang keberhasilan profesi dimasyarakat. | |||
8. | Bimbingan Spiritual Kemasyarakatan | MKWU 008 | |
2 SKS | |||
Mahasiswa dilatih praktik dimasyarakat dalam bimbingan keagamaan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah diantaranya: ibadah sholat fardhu berjama’ah, rawatib, penyelenggaraan fardhu kifayah, bimbingan petugas sholat jum’at (imam, bilal dan khatib), pengelolaan manajemen masjid, pengelolaan lembaga pengembangan Al-Qur’an dan pengelolaan lembaga amil zakt infaq dan shadaqah. | |||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||
Mahasiswa mampu merencanakan bimbingan keagamaan ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah diantaranya: ibadah sholat fardhu berjama’ah, rawatib, penyelenggaraan fardhu kifayah, bimbingan petugas sholat jum’at (imam, bilal dan khatib), pengelolaan manajemen masjid, pengelolaan lembaga pengembangan Al-Qur’an dan pengelolaan lembaga amil zakt infaq dan shadaqah. |
2. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Utama (MKKU) | ||
1. | Bahasa Arab | MKKU 001 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa dalam beberapa keterampilan yaitu membaca (al qiro’at), memahami makna kosakata (ma’rifat ma’ani al mufradat), kemampuan membuat kalimat sesuai tata bahasa (qudrat fi sya’ni al jumali al amtsilat al qowaid al lughot) dan menerjemahkan (al tarjamah). Tujuan utamanya agar mahasiswa terampil mempergunakan berbagai literatur berbahasa Arab yang akan membantunya mengembangkan gagasan serta menyusun karya ilmiah dengan sumber pustaka berbahasa Arab. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menerapkan berbahasa Arab dalam beberapa keterampilan yaitu membaca (al qiro’at), memahami makna kosakata (ma’rifat ma’ani al mufradat), kemampuan membuat kalimat sesuai tata bahasa (qudrat fi sya’ni al jumali al amtsilat al qowaid al lughot) dan menerjemahkan (al tarjamah). Tujuan utamanya agar mahasiswa terampil mempergunakan berbagai literatur berbahasa Arab yang akan membantunya mengembangkan gagasan serta menyusun karya ilmiah dengan sumber pustaka berbahasa Arab. | ||
2. | Baca Tulis Alquran (BTQ) | MKKU 002 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang Baca Tulis al Qur’an (BTQ) dengan pembahasan meliputi: Adab dan keutamaan tilawah al-Qur’an, Makhorijul Huruf, hukum Nun Sukun dan Tanwin, hukum Mim Sukun, hukum Ra’, hukum Qalqalah, hukum Maad, Washal, Waqaf, Saktah, Maqtu’ dan ghoribul qiro’ah. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menerapkan praktik Baca Tulis al Qur’an (BTQ) dengan pembahasan meliputi: Adab dan keutamaan tilawah al-Qur’an, Makhorijul Huruf, hukum Nun Sukun dan Tanwin, hukum Mim Sukun, hukum Ra’, hukum Qalqalah, hukum Maad, Washal, Waqaf, Saktah, Maqtu’ dan ghoribul qiro’ah. | ||
3. | Sejarah Kebudayaan Islam | MKKU 003 |
3 SKS | ||
Memberikan wawasan dan pengetahuan teoritis kepada mahasiswa tentang pertumbuhan dan perkembangan Islam di wilayah Arab sampai ke luar wilayah Arab serta pertemuannya dengan berbagai corak budaya dari etnis dan suku-bangsa yang berbeda-beda, peradaban-peradaban yang dihasilkan oleh umat Islam, orientasi dan kebijakan politik pemerintahan Islam oleh para penguasa Muslim, serta pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi yang diciptakan. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menguraikan secara teoritis tentang pertumbuhan dan perkembangan Islam di wilayah Arab sampai ke luar wilayah Arab serta pertemuannya dengan berbagai corak budaya dari etnis dan suku-bangsa yang berbeda-beda, peradaban-peradaban yang dihasilkan oleh umat Islam, orientasi dan kebijakan politik pemerintahan Islam oleh para penguasa Muslim, serta pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi yang diciptakan. | ||
4. | Al-Qur’an Hadis | MKKU 004 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang memahami al-Qur’an melalui pembahasan yang tercakup dalam Ulum Al-Qur’an dan Ilmu Tafsir. Lebih khusus mahasiswa mampu menggunakan kajian ilmu Al-Qur’an untuk mengembangkan keahlian keilmuan sains. Selain itu untuk mengetahui dan memahami dengan baik pentingnya pengetahuan Ulum Al-Hadits, khususnya kedudukan dan fungsi Hadits (sunnah), sejarah Hadits dan Ulum alHadits, penelitian sanad dan matan Hadits, kualitas dan kehujjahan Hadits, kitab-kitab yang menghimpun Hadits dan Ulum al-Hadits dan tata cara penelusuran sumber Hadits pada kitab-kitab Hadits. Lebih khusus mahasiswa mampu menggunakan kajian ilmu al-Hadits untuk mengembangkan keahlian keilmuan sains. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menguraikan secara teoritis tentang memahami al-Qur’an melalui pembahasan yang tercakup dalam Ulum Al-Qur’an dan Ilmu Tafsir. Lebih khusus mahasiswa mampu menggunakan kajian ilmu Al-Qur’an untuk mengembangkan keahlian keilmuan sains. Selain itu untuk mengetahui dan memahami dengan baik pentingnya pengetahuan Ulum Al-Hadits, khususnya kedudukan dan fungsi Hadits (sunnah), sejarah Hadits dan Ulum alHadits, penelitian sanad dan matan Hadits, kualitas dan kehujjahan Hadits, kitab-kitab yang menghimpun Hadits dan Ulum al-Hadits dan tata cara penelusuran sumber Hadits pada kitab-kitab Hadits. Lebih khusus mahasiswa mampu menggunakan kajian ilmu al-Hadits untuk mengembangkan keahlian keilmuan sains. | ||
5. | Fiqih/ Ushul Fiqh | MKKU 005 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan seperangkat pengetahuan teoritis kepada mahasiswa agar mengetahui Ushul Fiqih sebagai alat bantu untuk meng-istinbat-kan hukum Islam dengan menggunakan kaidah-kaidah Fiqhiyah, serta memahami ketentuan-ketentuan pokok syar’i dalam ibadah, mu’amalah, munakahat, mawaris, dan jinayat. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menguraikan secara teoritis tentang Ushul Fiqih sebagai alat bantu untuk meng-istinbat-kan hukum Islam dengan menggunakan kaidah-kaidah Fiqhiyah, serta memahami ketentuan-ketentuan pokok syar’i dalam ibadah, mu’amalah, munakahat, mawaris, dan jinayat. | ||
6. | Aqidah Akhlak | MKKU 006 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini menjelaskan dasar-dasar ajaran Islam sebagai ajaran yang sempurna, universal, benar dan bersih dari segala hal yang dapat merusaknya berdasarkan al-Qur’an dan hadis serta penalaran yang kritis. Selain dimensi aqidah dipadukan dengan dimensi akhlak, yaitu perilaku manusia dari aspek norma baik dan buruk untuk diorientasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kontek individual, sosial, maupun vertikal yang dilandasi oleh proses spritualitas (tazkiah al-nafs). | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menguraikan dasar-dasar ajaran Islam sebagai ajaran yang sempurna, universal, benar dan bersih dari segala hal yang dapat merusaknya berdasarkan al-Qur’an dan hadis serta penalaran yang kritis. Selain dimensi aqidah dipadukan dengan dimensi akhlak, yaitu perilaku manusia dari aspek norma baik dan buruk untuk diorientasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kontek individual, sosial, maupun vertikal yang dilandasi oleh proses spritualitas (tazkiah al-nafs). | ||
7. | Tafsir Tarbawi | MKKU 007 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa ayat-ayat Al Qur’an yang berkenaan dengan tema-tema pendidikan, menghafal ayat-ayat pendidikan dengan baik dan benar, memahami hikmah yang terkandung dalam ayat-ayat berkenaan dengan pendidikan tersebut, serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menganalisis tentang ayat-ayat Al Qur’an yang berkenaan dengan tema-tema pendidikan, menghafal ayat-ayat pendidikan dengan baik dan benar, memahami hikmah yang terkandung dalam ayat-ayat berkenaan dengan pendidikan tersebut, serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari | ||
8. | Hadis Tarbawi | MKKU 008 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang tema-tema pendidikan dalam perspektif Hadis yakni terkait dengan konsep dasar pendidikan Islam serta komponen-komponen dalam pendidikan Islam, mampu menghafalkan hadis-hadis pendidikan tersebut dengan baik dan benar, memahami hikmah yang terkandung dalam hadis-hadis berkenaan dengan pendidikan serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menganalisis tentang tema-tema pendidikan dalam perspektif Hadis yakni terkait dengan konsep dasar pendidikan Islam serta komponen-komponen dalam pendidikan Islam, mampu menghafalkan hadis-hadis pendidikan tersebut dengan baik dan benar, memahami hikmah yang terkandung dalam hadis-hadis berkenaan dengan pendidikan serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari | ||
9. | Metode Studi Islam | MKKU 009 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan seperangkat pengetahuan teoritis terkait metodologi studi agama Islam, sumber-sumber, pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam studi Islam serta seperangkat pemahaman praktik yang dapat digunakan dalam melaksanakan kajian Islam secara komprehensif. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi wawasan metodologis tentang studi agama Islam, sumber-sumber, pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam studi Islam serta seperangkat pemahaman praktik yang dapat digunakan dalam melaksanakan kajian Islam secara komprehensif. | ||
10. | Filsafat Ilmu | MKKU 010 |
2 SKS | ||
Mata Kuliah ini mencakup pembahasan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menghubungkan tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial. | ||
11. | Sosiologi Pendidikan Islam | MKKU 011 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip sosiologi dalam pendidikan Islam sebagai salah satu pranata sosial, dengan wawasan struktur dan proses sosial yang terjadi dalam pranata pendidikan Islam. Wawasan sosiologis dalam pendidikan Islam sebagai struktur sosial akan menjalin keseluruhan unsur-unsur sosial dalam masyarakat, sementara proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara pelbagai segi kehidupan bersama. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengkonstruksi wawasan tentang prinsip-prinsip sosiologi dalam Pendidikan Islam sebagai salah satu pranata sosial, dengan wawasan struktur dan proses sosial yang terjadi dalam pranata Pendidikan Islam, serta menjalin keseluruhan unsur-unsur sosial dalam masyarakat dan pengaruh timbal baliknya dalam kehidupan bersama. | ||
12. | Kapita Selekta Pendidikan Islam | MKKU 012 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dinamika pendidikan Islam, baik pada aspek sejarah, problematika kelembagaan pendidikan Islam, hingga pembahasan mengenai kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional sebagai orientasi mutu penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menghubungkan tentang dinamika pendidikan Islam, baik pada aspek sejarah, problematika kelembagaan pendidikan Islam, hingga pembahasan mengenai kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional sebagai orientasi mutu penyelenggaraan pendidikan Islam di Indonesia. | ||
13. | Psikologi Pendidikan | MKKU 013 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang seluk beluk, ruang lingkup dan urgensi psikologi pendidikan sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan sisi psikologi dalam proses pembelajaran di sekolah, mampu mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar peserta didik serta memiliki kemampuan dalam memberikan pemikiran ke arah perbaikan kesulitan belajar peserta didik. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi seluk beluk, ruang lingkup dan urgensi psikologi pendidikan sehingga mahasiswa mampu menganalisis dan mengaplikasikan sisi psikologi dalam proses pembelajaran di sekolah, mampu mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar peserta didik serta memiliki kemampuan dalam memberikan pemikiran ke arah perbaikan kesulitan belajar peserta didik. | ||
14. | Budaya Islam Kutai | MKKU 014 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa wawasan sosial dan budaya lokal Kutai sebagai kazanah kearifan lokal (local wisdom) pendidikan tinggi. Penerapannya bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam harus relevan dengan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam yang tumbuh dan berakar di masyarakat sehingga menjadi kerangka budaya Islam lokal, atau Budaya Islam Kutai. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi sosial dan budaya lokal Kutai sebagai kazanah kearifan lokal (local wisdom) pendidikan tinggi. Penerapannya bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam harus relevan dengan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam yang tumbuh dan berakar di masyarakat sehingga menjadi kerangka budaya Islam lokal, atau Budaya Islam Kutai. | ||
15. | Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam | MKKU 015 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang perkembangan pemikiran pendidikan Islam dari masa ke masa dari era klasik sejak masa Rasulullah Saw hingga masa Kekhalifahan Abbasiyah, hingga ke era modern dari wilayah Timur Tengah hingga ke wilayah Asia Tenggara, para tokoh pemikiran pendidikan Islam sesuai zamannya, serta gagasan filosofis dan konsep penerapannya dalam dinamika pendidikan Islam. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi pemikiran pendidikan Islam dari masa ke masa dari era klasik sejak masa Rasulullah Saw hingga masa Kekhalifahan Abbasiyah, hingga ke era modern dari wilayah Timur Tengah hingga ke wilayah Asia Tenggara, para tokoh pemikiran pendidikan Islam sesuai zamannya, serta gagasan filosofis dan konsep penerapannya dalam dinamika pendidikan Islam. | ||
16. | Sains Islam | MKKU 016 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang Islam dan ilmu pengetahuan dalam berbagai aspeknya, integrasi natural science (Ilmu pengetahuan alam) dan socio humanity science (ilmu sosial kemanusiaan), serta penerapannya dalam Islamic Studies. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menghubungkan Islam dan ilmu pengetahuan dalam berbagai aspeknya, integrasi natural science (Ilmu pengetahuan alam) dan socio humanity science (ilmu sosial kemanusiaan), serta penerapannya dalam Islamic Studies. | ||
17. | Ilmu Pendidikan Islam | MKKU 017 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis tentang, wawasan kepribadian muslim, komponen-komponen pembelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatan terhadap problematika pendidikan Islam serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan sistem pendidikan nasional. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu menghubungkan wawasan kepribadian muslim, komponen-komponen pembelajaran pendidikan Islam, prinsip-prinsip dan pendekatan terhadap problematika pendidikan Islam serta kedudukan dan hubungan pendidikan Islam dengan sistem pendidikan nasional. | ||
18. | Filsafat Pendidikan Islam | MKKU 018 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap kajian pemikiran filosofis tentang hakekat pendidikan Islam, pemikiran hakekat manusia dan pemikiran hakekat unsur-unsur pendidikan Islam, serta mampu menganalisis dan memecahkan problematika filosofis pendidikan Islam yang berkembang dewasa ini. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi kajian pemikiran filosofis tentang hakekat pendidikan Islam, pemikiran hakekat manusia dan pemikiran hakekat unsur-unsur pendidikan Islam, serta mampu menganalisis dan memecahkan problematika filosofis pendidikan Islam yang berkembang dewasa ini. | ||
19. | Qiroatul Kutub (QK) | MKKU 019 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang penekanan pada pengembangan keterampilan membaca dan memahami teks. Dalam pengembangan keterampilan membaca, para mahasiswa diarahkan kepada pengenalan terhadap pola-pola dasar struktur kalimat Arab, berikut pola penerjemahannya. Oleh karena keterampilan membaca terkait erat dengan penguasaan kosakata dan gramatika, maka dalam setiap perkuliahan para mahasiswa dibekali dengan pengayaan mufradat wa ibarat hammah (kosakata dan ungkapan-ungkapan penting serta qawa’id sharaf dan nahwu). | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan penekanan pada pengembangan keterampilan membaca dan memahami teks. Dalam pengembangan keterampilan membaca, para mahasiswa diarahkan kepada pengenalan terhadap pola-pola dasar struktur kalimat Arab, berikut pola penerjemahannya. Oleh karena keterampilan membaca terkait erat dengan penguasaan kosakata dan gramatika, maka dalam setiap perkuliahan para mahasiswa dibekali dengan pengayaan mufradat wa ibarat hammah (kosakata dan ungkapan-ungkapan penting serta qawa’id sharaf dan nahwu). | ||
20. | Psikologi Belajar | MKKU 021 |
3 SKS | ||
Psikologi Belajar adalah mata kuliah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep psikologi belajar, hakikat anak dan tahap-tahap perkembangan psikis anak didik dalam hubungannya dengan proses belajar, pemahaman mengenai konsep dasar dan teori-teori belajar, serta memanfaatkan kaidah-kaidah psikologi untuk membimbing belajar siswa sehingga membantu memecahkan kesulitan belajar baik secara individu maupun kelompok. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi konsep psikologi belajar, hakikat anak dan tahap-tahap perkembangan psikis anak didik dalam hubungannya dengan proses belajar, pemahaman mengenai konsep dasar dan teori-teori belajar, serta memanfaatkan kaidah-kaidah psikologi untuk membimbing belajar siswa sehingga membantu memecahkan kesulitan belajar baik secara individu maupun kelompok. | ||
21. | Perbandingan Pendidikan | MKKU 022 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang wawasan perkembangan pendidikan di negara-negara maju dan berkembang dalam rangka perbaikan penyelenggaraan dan mutu pendidikan nasional di Indonesia melalui wawasan metodologis dan pendekatan studi komparasi pendidikan. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu membandingkan perkembangan pendidikan di negara-negara maju dan berkembang dalam rangka perbaikan penyelenggaraan dan mutu pendidikan nasional di Indonesia melalui wawasan metodologis dan pendekatan studi komparasi pendidikan. | ||
22. | Information Communication Technology (ICT) | MKKU 023 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan seperangkat wawasan praktis kepada mahasiswa dalam menerapkan peralatan ICT bagi pendidikan dan pembelajaran, meliputi: pemanfaatan operating system (OS) Windows Arabic, serta pemanfaatan software komputer seperti office, multimedia dan media pembelajaran. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan software ICT untuk pendidikan dan pembelajaran, meliputi: pemanfaatan operating system (OS) Windows Arabic, serta pemanfaatan software komputer seperti office, multimedia dan media pembelajaran. | ||
23. | Media Pembelajaran Berbasis ICT | MKKU 024 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teoritis dan praktis kepada mahasiswa tentang media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) sehingga berkemampuan teknis untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran, atau yang saat ini dikenal dengan pembelajaran dengan bantuan komputer (computer assisted instructional/ CAI). Pemanfaatan komputer dalam pembelajaran dapat berwujud, antara lain: komputer sebagai media pembelajaran interaktif atau computer assisted learning (CAL), pembelajaran berbasis multimedia, web interaktif online dan offline dan lain sebagaimana yang memanfaatkan perangkat multimedia komputer. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) sehingga berkemampuan teknis untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan pembelajaran, atau yang saat ini dikenal dengan pembelajaran dengan bantuan komputer (computer assisted instructional/ CAI). Pemanfaatan komputer dalam pembelajaran dapat berwujud, antara lain: komputer sebagai media pembelajaran interaktif atau computer assisted learning (CAL), pembelajaran berbasis multimedia, web interaktif online dan offline dan lain sebagaimana yang memanfaatkan perangkat multimedia komputer. | ||
24. | Kewirausahaan | MKKU 025 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa konsep-konsep dasar kewirausahaan yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang berisi, menumbuhkan minat berwirausaha, kreatifitas dan inovasi, produktifitas dan motivasi, dan kepemimpinan. Selain itu diberikan pula konsep-konsep berwirausaha secara praktis yaitu, profil usaha, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika wirausaha, marketing plan (rencana pemasaran), business plan (perencanaan usaha), wirausaha menurut Islam. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu memproyeksikan konsep-konsep dasar kewirausahaan yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan yang berisi, menumbuhkan minat berwirausaha, kreatifitas dan inovasi, produktifitas dan motivasi, dan kepemimpinan. Selain itu diberikan pula konsep-konsep berwirausaha secara praktis yaitu, profil usaha, bentuk-bentuk kepemilikan usaha, etika wirausaha, marketing plan (rencana pemasaran), business plan (perencanaan usaha), wirausaha menurut Islam. | ||
25. | Pengantar Karya Tulis Ilmiah | MKKU 026 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa terkait bekal pengetahuan dan keterampilan sehingga menghasilkan satu karya tulis yang berkualitas dengan cara yang benar. Matakuliah ini membahas jenis-jenis karya ilmiah, cara menyusun karya tulis, dan praktik membuat karya tulis. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengorganisasikan bekal pengetahuan dan keterampilan sehingga menghasilkan satu karya tulis yang berkualitas dengan cara yang benar. Matakuliah ini membahas jenis-jenis karya ilmiah, cara menyusun karya tulis, dan praktik membuat karya tulis. | ||
26. | Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (TPKTI) | MKKU 027 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang teknik menyusun dan menyajikan karya ilmiah, menyusun karya ilmiah dengan mengkaji berbagai sumber, serta menggunakan prinsip-prinsip penulisan yang baik. Cakupan materi TPKI yang disajikan dalam mata kuliah ini ialah hakikat dan karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah, teknik menyusun karya ilmiah bersesuaian dengan sistematika dalam Program Studi, serta menyajikan karya ilmiah baik secara tertulis maupun secara lisan yang efektif. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu membuat karya ilmiah, menyusun karya ilmiah dengan mengkaji berbagai sumber, serta menggunakan prinsip-prinsip penulisan yang baik. Cakupan materi TPKI yang disajikan dalam mata kuliah ini ialah hakikat dan karakteristik karya ilmiah, prinsip-prinsip penciptaan karya ilmiah, teknik menyusun karya ilmiah bersesuaian dengan sistematika dalam Program Studi, serta menyajikan karya ilmiah baik secara tertulis maupun secara lisan yang efektif. | ||
27. | Metode Penelitian Kuantitatif | MKKU 028 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang metode penelitian kuantitatif dengan menerapkan penelitian empirik yang bekerja dengan angka (numeric) melalui penemuan masalah, merumuskan masalah, mengkaji teori, menyusun instrumen, dan menganalisis data secara kuantitatif. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan penelitian empirik yang bekerja dengan angka (numeric) melalui penemuan masalah, merumuskan masalah, mengkaji teori, menyusun instrumen, dan menganalisis data secara kuantitatif. | ||
28. | Metode Penelitian Kualitatif | MKKU 029 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang metode penelitian kualitatif yang menerapkan penelitian empirik yang bekerja dengan kenyataan alamiyah (inquiry naturalistic) melalui penemuan masalah, merumuskan masalah, mengkaji teori, menyusun instrumen, dan menganalisis data secara kualitatif. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang menerapkan penelitian empirik yang bekerja dengan kenyataan alamiyah (inquiry naturalistic) melalui penemuan masalah, merumuskan masalah, mengkaji teori, menyusun instrumen, dan menganalisis data secara kualitatif. | ||
29. | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | MKKU 029 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang metode penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, serta format usulan penelitian tindakan kelas. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang penelitian tindakan kelas, karakteristik penelitian tindakan, tujuan dan manfaat penelitian tindakan kelas, identifikasi dan formulasi masalah dalam penelitian tindakan, analisis dalam penelitian tindakan kelas, serta format usulan penelitian tindakan kelas. | ||
30 | Dasar-dasar Pendidikan | MKKU 030 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang landasan dasar penyelenggaraan pendidikan sebagai usaha untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat, serta memberikan pemahaman berbagai sudut pandang tujuan penyelenggaraan pendidikan guna mencapai cita-cita luhur meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan penyelenggaraan pendidikan sebagai usaha untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat, serta memberikan pemahaman berbagai sudut pandang tujuan penyelenggaraan pendidikan guna mencapai cita-cita luhur meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan. | ||
31 | Statistik Pendidikan | MKKU 031 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep statistik dasar dan mampu menggunakannya untuk menganalisis data, mambaca dan menulis laporan ilmiah dalam bidang pendidikan yang mencakup berbagai data numerik, serta dapat mengolah dan menganalisis data penelitian dengan menggunakan rumus statistik secara tepat dan benar, baik secara manual maupun melalui program komputer. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang statistik serta menggunakannya untuk menganalisis data, mambaca dan menulis laporan ilmiah dalam bidang pendidikan yang mencakup berbagai data numerik, serta dapat mengolah dan menganalisis data penelitian dengan menggunakan rumus statistik secara tepat dan benar, baik secara manual maupun melalui program komputer. | ||
32 | Pendidikan Inklusif / Anak Berkebutuhan Khusus | MKKU 032 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa wawasan praktis tentang sejarah, falsafah, pengertian dan konsep Pendidikan inklusif. Mampu memahami dan menjelaskan isu-isu etika dan landasan kebijakan seputar Pendidikan inklusif serta mampu merancang Pendidikan Inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang Pendidikan Inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. | ||
33 | Pendidikan Homeschooling | MKKU 033 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan mengenai pengelolaan homeschooling yang akan diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar, menengah dan atas. Sejarah homeschooling, karakteristik homeschooling, tujuan homeschooling, kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran homeschooling, dasar payung hukum legalitas homeschooling, pendekatan model homeschooling, penerapan homeschooling di berbagai Negara, tantangan penerapan homeschooling di masa kini dan masa yang akan datang serta kelebihan dan kekurangan homeschooling. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang pengelolaan homeschooling yang akan diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar, menengah dan atas. | ||
34 | Perencanaan Pembelajaran PAI | MKKU 034 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa terkait penyusunan Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar materi pelajaran PAI pada tingkat (SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan yang sederajat) yang meliputi mata pelajaran al-Qur’an, Hadist, Fiqh, Aqidah Akhlaq, dan SKI, serta melengkapi bahan ajar dengan kemampuan menyusun Silabi, RPP, Prota, Promes dan Standar Evaluasi pembelajaran PAI. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merancang Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar materi pelajaran PAI pada tingkat (SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan yang sederajat) yang meliputi mata pelajaran al-Qur’an, Hadist, Fiqh, Aqidah Akhlaq, dan SKI, serta melengkapi bahan ajar dengan kemampuan menyusun Silabi, RPP, Prota, Promes dan Standar Evaluasi pembelajaran PAI | ||
35. | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) | MKKU 035 |
2 SKS | ||
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai mata kuliah ditujukan untuk membekali dan memberikan pengalaman mengajar di sekolah/ madrasah kepada mahasiswa agar berlatih secara bertahap dan sistematis dalam menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, nilai, dan sikap sebagai pendidik sehingga terbentuk kemampuan profesionalnya selaku pendidik di sekolah/ madrasah | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu berlatih secara bertahap dan sistematis dalam menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan, nilai, dan sikap sebagai pendidik sehingga terbentuk kemampuan profesionalnya selaku pendidik di sekolah/ madrasah | ||
36 | Skripsi | MKKU 031 |
6 SKS | ||
Skripsi merupakan titik kulminasi dari seluruh proses pembelajaran mahasiswa jenjang Sarjana (S1) di perguruan tinggi. Dengan demikian maka penulisan karya ilmiah melalui skripsi ini bertujuan untuk melatih kemampuan penalaran dan penulisan hasil penelitian ilmiah ke dalam hasil karya tulis. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu membuat karya tulis ilmiah skripsi. |
3. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Peminatan (MKKP) | ||
1. | Etika Profesi Keguruan | MKKP 001 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pemahaman konsep tentang hakikat profesi guru dan kode etik profesi keguruan, menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru, hubungan profesi keguruan dengan aspek kepribadian dan keteladanan sosial, analisis fenomena profesi keguruan, serta pelanggaran dan sanksi kode etik profesi. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi kode etik profesi keguruan, menumbuhkan pemahaman moral, perasaan moral dan tindakan moral terkait dengan profesi guru, hubungan profesi keguruan dengan aspek kepribadian dan keteladanan sosial, analisis fenomena profesi keguruan, serta pelanggaran dan sanksi kode etik profesi. | ||
2. | Pengembangan Pembelajaran SKI | MKKP 002 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi sejarah kebudayaan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya, berkaitan dengan tema-tema berikut: Dakwah Nabi Muhammad SAW pada periode Makkah dan Madinah, Kepemimpinan ummat setelah Rasulullah SAW wafat, Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M-1250 M), Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M), Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang) dan Perkembangan Islam di Indonesia dan Dunia. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi tentang konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi sejarah kebudayaan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya, berkaitan dengan tema-tema berikut: Dakwah Nabi Muhammad SAW pada periode Makkah dan Madinah, Kepemimpinan ummat setelah Rasulullah SAW wafat, Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M-1250 M), Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M-1800 M), Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang) dan Perkembangan Islam di Indonesia dan Dunia. | ||
3. | Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlaq | MKKP 003 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Akidah yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya, berkaitan dengan tema-tema berikut: akidah Islam, menjadi hamba Allah yang berakhlak, induk-induk akhlak terpuji, induk-induk akhlak tercela, bersyukur, qanaah, ridha dan sabar, menghormati orang tua dan guru, keteladanan 25 nabi, menghindari perbuatan syirik, indahnya asmaul husna, akhlak terpuji, akhlak tercela, dan adab menjenguk orang yang sakit. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Akidah yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya, berkaitan dengan tema-tema berikut: akidah Islam, menjadi hamba Allah yang berakhlak, induk-induk akhlak terpuji, induk-induk akhlak tercela, bersyukur, qanaah, ridha dan sabar, menghormati orang tua dan guru, keteladanan 25 nabi, menghindari perbuatan syirik, indahnya asmaul husna, akhlak terpuji, akhlak tercela, dan adab menjenguk orang yang sakit | ||
4. | Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis | MKKP 004 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Al-Qur’an Hadis yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya berkaitan dengan tema-tema berikut: Manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi, demokrasi dan musyawarah mufakat, keikhlasan dalam beribadah, nikmat Allah dan cara mensyukurinya, perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, pola hidup sederhana dan perintah penyantuni para dhuafa, berkompetisi dalam kebaikan, amar ma’ruf nahi munkar, ujian dan cobaan manusia, tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat, berlaku adil dan jujur, toleransi dan etika pergaulan, etos kerja, makanan yang halal dan baik dan ilmu pengetahuan dan teknologi. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Al-Qur’an Hadis yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya berkaitan dengan tema-tema berikut: Manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi, demokrasi dan musyawarah mufakat, keikhlasan dalam beribadah, nikmat Allah dan cara mensyukurinya, perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, pola hidup sederhana dan perintah penyantuni para dhuafa, berkompetisi dalam kebaikan, amar ma’ruf nahi munkar, ujian dan cobaan manusia, tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat, berlaku adil dan jujur, toleransi dan etika pergaulan, etos kerja, makanan yang halal dan baik dan ilmu pengetahuan dan teknologi. | ||
5. | Pengembangan Pembelajaran Fiqih | MKKP 005 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Al-Qur’an Hadis yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya berkaitan dengan tema-tema berikut: Kajian tentang prinsip-prinsip ibadah dan syariat dalam Islam, hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan cara pengelolaannya, hikmah kurban dan akikah, ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah, hukum Islam tentang kepemilikan, konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya, hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya, hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu beserta hikmahnya, hukum Islam tentang daman dan kafaalah beserta hikmahnya, riba, bank dan asuransi, ketentuan Islam tentang jinayah, huduud dan hikmahnya, ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya, hukum Islam tentang keluarga, waris, ketentuan Islam tentang syiasyah syari’ah, sumber hukum Islam dan hukum takfili, dasar-dasar istimbath dalam fikih Islamdan kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi konsep pengembangan sillabus dan RPP, pengembangan materi Al-Qur’an Hadis yang bersumber dari Al-Qur’an Hadis dan sumber Pustaka lainnya berkaitan dengan tema-tema berikut: Kajian tentang prinsip-prinsip ibadah dan syariat dalam Islam, hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan cara pengelolaannya, hikmah kurban dan akikah, ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah, hukum Islam tentang kepemilikan, konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya, hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya, hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu beserta hikmahnya, hukum Islam tentang daman dan kafaalah beserta hikmahnya, riba, bank dan asuransi, ketentuan Islam tentang jinayah, huduud dan hikmahnya, ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya, hukum Islam tentang keluarga, waris, ketentuan Islam tentang syiasyah syari’ah, sumber hukum Islam dan hukum takfili, dasar-dasar istimbath dalam fikih Islamdan kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya. | ||
6. | Bimbingan Konseling | MKKP 006 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dasar untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah ataupun madrasah. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi kemampuan dan keterampilan dasar untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah ataupun madrasah. | ||
7. | Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam | MKKP 007 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang manajemen kelembagaan pendidikan Islam, meliputi: isu-isu strategis pemberdayaan lembaga pendidikan Islam (LPI), Model-model pengembangan LPI, pengawasan, supervisi dan evaluasi LPI, serta pengendalian mutu manajemen LPI meliputi sarana-prasaran, keuangan dan sistem informasi. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi wawasan praktis manajemen kelembagaan pendidikan Islam, meliputi: isu-isu strategis pemberdayaan lembaga pendidikan Islam (LPI), Model-model pengembangan LPI, pengawasan, supervisi dan evaluasi LPI, serta pengendalian mutu manajemen LPI meliputi sarana-prasaran, keuangan dan sistem informasi. |
4. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Lintas Prodi (MKKKLP) | ||
1. | Administrasi Pendidikan | MKKKLP 001 |
2 sks | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang pengertian tata laksana Administrasi Pendidikan Islam, jenis-jenis kegiatan tata usaha,kegiatan yang menyangkut manajemen kurikulum, manajemen personil, manajemen siswa, penataan inventaris sekolah, penataan keuangan, pekerjaan surat-menyurat, manajemen sarana, hubungan dengan masyarakat, standard pelayanan minimal pendidikan, standar nasional pendidikan yang terdiri dari 8 standar, standard nasional pendidikan plus, statistical quality control, TQM, Six sigma, sistem penjaminan mutu pendidikan pada pendidikan pra sekolah, SD, SMP, SMA/MA/SMK/ SLB, sekolah kecil, sekolah terbuka, sekolah integrasi dan Pendidikan Layanan Khusus, karakteristik local, ideology lembaga, permintaan stakeholder (pasar, user, wali murid) | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan tentang tata laksana Administrasi Pendidikan Islam, jenis-jenis kegiatan tata usaha,kegiatan yang menyangkut manajemen kurikulum, manajemen personil, manajemen siswa, penataan inventaris sekolah, penataan keuangan, pekerjaan surat-menyurat, manajemen sarana, hubungan dengan masyarakat, standard pelayanan minimal pendidikan, standar nasional pendidikan yang terdiri dari 8 standar, standard nasional pendidikan plus, statistical quality control, TQM, Six sigma, sistem penjaminan mutu pendidikan pada pendidikan pra sekolah, SD, SMP, SMA/MA/SMK/ SLB, sekolah kecil, sekolah terbuka, sekolah integrasi dan Pendidikan Layanan Khusus, karakteristik local, ideology lembaga, permintaan stakeholder (pasar, user, wali murid) | ||
2. | Supervisi Pendidikan | MKKKLP 002 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang latar belakang supervise, konsep dasar, model, pendekatan dan teknik supervisi, ruang lingkup supervisi, bahan dan alat pembinaan untuk supervisi, pelaku dan proses supervisi, serta supervisi pada lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Disamping itu mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan evaluasi program pendidikan melalui penguasaan yang baik tentang hakikat dan metodologi evaluasi program pendidikan, dan pengalaman mengembangkan rancangan evaluasi suatu program pendidikan seperti kurikulum, pembelajaran, pengembangan pendidikan, dan pengelolaan pendidikan dengan menyajikan materi tentang hakikat dan tujuan evaluasi program pendidikan, Metodologi Pengawasan dan Supervisi Pendidikan, meliputi model-model evaluasi, Rancangan evaluasi, meliputi proposal evaluasi program pendidikan | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan tentang model, pendekatan dan teknik supervisi, bahan dan alat pembinaan untuk supervisi, pelaku dan proses supervisi, serta supervisi pada lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Disamping itu mata kuliah ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan evaluasi program pendidikan melalui penguasaan yang baik tentang hakikat dan metodologi evaluasi program pendidikan, dan pengalaman mengembangkan rancangan evaluasi suatu program pendidikan seperti kurikulum, pembelajaran, pengembangan pendidikan, dan pengelolaan pendidikan dengan menyajikan materi tentang hakikat dan tujuan evaluasi program pendidikan, Metodologi Pengawasan dan Supervisi Pendidikan, meliputi model-model evaluasi, Rancangan evaluasi, meliputi proposal evaluasi program pendidikan | ||
3. | Inovasi Pendidikan | MKKKLP 003 |
2 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan teoritis kepada mahasiswa tentang inovasi pendidikan menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam bidang ketenagaan, inovasi dalam manajemen pendidikan, inovasi kurikulum, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran (E Learning). | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mengimplementasikan tentang inovasi pendidikan menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam bidang ketenagaan, inovasi dalam manajemen pendidikan, inovasi kurikulum, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran (E Learning). | ||
4. | Pengembangan Sistem dan Evaluasi PAI | MKKKLP 004 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa agar terampil dalam merencanakan dan melakukan kegiatan evaluasi PAI yang meliputi teknik evaluasi, pemberian score, dan penilaian serta menafsirkan dan memanfaatkan hasilnya. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi perencanaan dan evaluasi PAI yang meliputi teknik evaluasi, pemberian score, dan penilaian serta menafsirkan dan memanfaatkan hasilnya. | ||
5. | Pengembangan Kurikulum PAI | MKKKLP 005 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mencakup konsep dasar pengembangan kurikulum PAI, pengembangan kurikulum PAI berdasarkan need asessment, mengembangkan kurikulum PAI berdasarkan bahan rumpun ilmu PAI, mencakup: Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqh dan Sejarah Kebudayaan Islam. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mencakup konsep dasar pengembangan kurikulum PAI, pengembangan kurikulum PAI berdasarkan need asessment, mengembangkan kurikulum PAI berdasarkan bahan rumpun ilmu PAI, mencakup: Aqidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqh dan Sejarah Kebudayaan Islam. | ||
6. | Metode Khusus Pengembangan PAI | MKKKLP 006 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa guna mengolah dan membuat lesson plan pembelajaran agama Islam untuk diterapkan di sekolah/ madrasah berdasarkan instruction objectivis, daerah binaan, entering behaviour, proses belajar mengajar dan evaluasi hasil pembelajaran. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu merekonstruksi dalam pengolahan dan pembuatan lesson plan pembelajaran agama Islam untuk diterapkan di sekolah/ madrasah berdasarkan instruction objectivis, daerah binaan, entering behaviour, proses belajar mengajar dan evaluasi hasil pembelajaran. | ||
7. | Desain Kewirausahaan Pendidikan | MKKKLP 007 |
3 SKS | ||
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada mahasiswa tentang ruang lingkup praktek kerja desain professional dan jenis-jenis bisnis desain/kreatif, serta berbagai kemungkinan proyek atau pekerjaan dalam bidang Desain Kewirausahaan Pendidikan. Mahasiswa/i akan mempelajari aspek-aspek manajemen sebuah proyek atau pekerjaan desain/kreatif, diikuti dengan pembahasan mengenai strategi-strategi presentasi professional dan prakteknya. Materi perkuliahan akan dilengkapi pula dengan penjabaran cara-cara penyusunan berbagai dokumen bisnis yang berhubungan dengan praktek-praktek pekerjaan profesional dalam bisnis kependidikan. | ||
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | ||
Mahasiswa mampu mendesain kewirausahaan pendidikan, meliputi: aspek-aspek manajemen sebuah proyek atau pekerjaan desain/kreatif, strategi presentasi professional dan prakteknya yang berhubungan dengan praktek-praktek pekerjaan profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan. |