BAB III
KURIKULUM KKNI PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
JENJANG SARJANA (S1)
1. Visi dan Misi Program Studi
a. Visi Program Studi
Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Unggul berdasarkan sains Islam dan menghasilkan lulusan berjiwa Sociopreneur pada tahun 2026.
b. Misi Program Studi
Misi Program Studi PAI FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran agama Islam yang unggul berdasarkan sains Islam dan berdaya saing.
- Mengembangkan suasana akademik yang responsif terhadap budaya Islam, lingkungan dan masyarakat melalui pengkajian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
- Membentuk unit kegiatan yang berorientasi pada peningkatkan kualitas Sociopreneur.
- Melaksanakan program yang berorientasi pada peningkatkan kemampuan Sociopreneur.
2. Tujuan Program Studi
Tujuan Program Studi Program Studi PAI FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:
- Menghasilkan lulusan yang berkualifikasi sebagai pendidik mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah/madrasah.
- Terciptanya suasana akademik yang peka terhadap perkembangan kekinian.
- Tersedianya unit kegiatan mahasiswa yang membentuk jiwa Sociopreneur.
- Adanya program yang berorientasi pada nilai-nilai Sociopreneur.
3. Profil Lulusan Program Studi
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam di FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:
A. Profil utama
Pendidik mata pelajaran Pendidikan agama Islam pada sekolah/ madrasah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK) yang memiliki akhlak mulia berlandaskan nilai-nilai sains Islam.
B. Profil Pendukung
- Peneliti Pendidikan.
- Praktisi Pendidikan
- Konsultan Pendidikan.
C. Profil Tambahan
- Guru Al-Qur’an bersertifikat nasional.
- Wirausahawan Pendidikan yang berwawasan Socioedupreneur.
- Pengembang bahan ajar PAI berbasis media ICT.
- Pelestari adat dan budaya lokal berbasis nilai-nilai Islam.
4. Kurikulum KKNI Program Studi
a. Deskripsi Umum
Secara umum rumusan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi untuk Program Studi PAI dapat dideskripsikan sebagai berikut:
Deskripsi Umum |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut: 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. 3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia. 4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya. 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/ temuan original orang lain. 6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas. |
Sedangkan Capaian Pembelajaran/ CP (Learning Outcome) Kualifikasi Level 6 KKNI, dideskripsikan sebagai berikut:
Capaian Pembelajaran/ CP (Learning Outcome) |
1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. 2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural. 3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. 4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
b. Deskripsi Generik dan Deskripsi Spesifik Level 6
- Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik(paragraf pertama).
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Deskripsi Generik Level 6 (paragraf pertama) Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Deskripsi Spesifik :
1. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
2. Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah
3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah
- Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik (paragraf kedua).
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) Deskripsi Generik Level 6 (paragraf kedua) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural
Deskripsi Spesifik :
1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
2. Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
3. Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.
4. Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.
5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/ madrasah.
- Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik (paragraf ketiga)
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) |
Deskripsi Generik Level 6 (paragraf ketiga) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Deskripsi Spesifik : 1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/ madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan 2. Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik 3. Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. |
- Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik(paragraf keempat)
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1) |
Deskripsi Generik Level 6 (paragraf keempat) Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Deskripsi spesifik : 1. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan. 2. Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri. |
5. Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi
A. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
- Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai |
Setiap lulusan program pendidikan akademik jenjang sarjana harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut; 1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius 2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila 4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara 5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain 6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik 9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri 10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan 11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman 12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya. |
- Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus dan Tata Nilai
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus dan Tata Nilai |
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki sikap khusus dan tata nilai sebagai berikut : 1. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat; 2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas; 3. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi. 4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi pendidik, dan percaya diri. 5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri. 6. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. |
B. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
- Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum |
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut : 1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; 2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) 3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); 4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; 5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin 6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; 7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. |
- Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus |
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki pengetahuan khusus yang relevan dengan Pendidikan Agama Islam sebagai berikut: 1. Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah 2. Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah 3. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah. 4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah. 5. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, ushul fikih-fikih, dan sejarah peradaban Islam. 6. Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah 7. Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif 8. Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/ madrasah |
C. Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan
- Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum |
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut : 1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi 10. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja; 11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); 12. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar 13. Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma) 14. Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar. |
- Capaian Pembelajaran Bidang Kemampuan Khusus
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus |
Lulusan program sarjana Pendidikan Agama Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut: 1. Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum 2. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah 3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah 4. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/ madrasah dan di masyarakat 5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum 6. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran 7. Mampu melaksanakan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah 8. Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati |
6. Lingkup Kurikulum MBKM Prodi PAI Mengacu kepada KKNI
A. Jenis Kompetensi, Mata Kuliah dan Bobot SKS
- Kompetensi Dasar
Bag | No. | Jenis Kompetensi | Uraian Mata Kuliah | Bobot SKS |
Dasar | ||||
A | 1 | Memiliki kemampuan pengembangan kepribadian dan sikap sebagai warga global dan warga negara Indonesia | Pendidikan Pancasila (2) Pendidikan Kewarganegaraan (2), Filsafat Ilmu (2) dan Pendidikan Anti Korupsi (3) | 9 |
2 | Memiliki Penguasaan keterampilan berbahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris | Bahasa Indonesia Keilmuan (3), Bahasa Inggris (3) dan Bahasa Arab (3) | 9 | |
3 | Memiliki penguasaan konsep sosial dan budaya lokal | Budaya Islam Kutai (2) | 2 | |
4 | Memiliki penguasaan konsep, substansi dan kajian Islam | Sejarah Kebudayaan Islam (3), Metode Studi Islam (3), Sains Islam (2), Al-Qur’an Hadis (3), Fiqih/ Ushul Fiqh (3), Aqidah Akhlak (3) | 17 | |
5 | Memiliki kemampuan Penerapan dan Pengembangan ICT | Information Communication Technology (ICT) (3) | 3 | |
6 | Memiliki pengalaman dan pengembangan wawasan keagamaan | Baca Tulis Alquran (BTQ) (2), Qiroatul Kutub (2) | 4 | |
7 | Memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya ilmiah | Pengantar Karya Tulis Ilmiah (2), Teknik Penulisan Karya Ilmiah (TPKI) (3), Seminar Proposal (0), Skripsi (6) | 11 | |
8 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kemasyarakatan | Pengembangan Social Caracter (KKN Tematik) (2), Bimbingan Spiritual Kemasyarakatan (KKN Tematik) (2) | 4 | |
9 | Memiliki kemampuan bertindak Entrepreneurship | Kewirausahaan (3), Desain Kewirausahaan Pendidikan (2) | 5 | |
Total Bobot SKS | 73 |
- Kompetensi Utama
Bag | No. | Jenis Kompetensi | Uraian Mata Kuliah | Bobot SKS |
Utama | ||||
B | 1 | Memiliki penguasaan Konsep dan Kajian Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah/ Madrasah | Sejarah Kebudayaan Islam (3), Al-Qur’an Hadis (3), Fiqih Ushul Fiqh (3), Aqidah Akhlak (3) | 12 |
2 | Memiliki penguasaan konsep landasan dan wawasan kependidikan | Dasar-dasar Pendidikan (3), Perbandingan Pendidikan (2), Kapita Selekta Pendidikan Islam (3), Filsafat Pendidikan Islam (3), Ilmu Pendidikan Islam (3), Sosiologi Pendidikan Islam (3), Tafsir Tarbawi (2), Hadis Tarbawi (2), Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam (3) | 24 | |
3 | Memiliki kemampuan mendesain dan merencanakan pendidikan dan pembelajaran PAI | Inovasi Pendidikan (2), Perencanaan Sistem PAI (3), Perencanaan Pembelajaran PAI (2), Pengembangan Pembelajaran SKI (3), Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak (3), Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis (3), Pengembangan Pembelajaran Fiqih (3). | 19 | |
4 | Memiliki kemampuan dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum PAI | Pengembangan Kurikulum PAI (3) | 3 | |
5 | Memiliki kemampuan dalam menerapkan metode dan strategi pembelajaran PAI | Media Pembelajaran Berbasis ICT (3), Micro Teaching (3), Metode Khusus Pengembangan PAI (3), | 9 | |
6 | Memiliki kemampuan dalam menerapkan evaluasi proses dan hasil pembelajaran PAI | Pengembangan Sistem Evaluasi PAI (3) | 3 | |
7 | Memiliki kemampuan dalam memahami karakteristik peserta didik | Psikologi Pendidikan (3), Psikologi Belajar (3), Bimbingan Konseling (3) | 9 | |
8 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan administrasi dan supervisi pendidikan di Sekolah/ Madrasah | Administrasi Pendidikan (2) Supervisi Pendidikan (2) | 4 | |
9 | Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah pendidikan Agama Islam (PAI) secara ilmiah | Statistik Pendidikan (3), Metode Penelitian Kuantitatif (3), Metode Penelitian Kualitatif (3), Penelitian Tindakan kelas (PTK) (3) | 12 | |
10 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruan di Sekolah/ Madrasah | Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) (3), Etika Profesi Keguruan (3) | 6 | |
Total Bobot SKS | 101 |
- Kompetensi Pendukung
Bag | No. | Jenis Kompetensi | Uraian Mata Kuliah *) | Bobot SKS |
Pendukung | ||||
C | 1 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas manajerial pendidikan Islam | Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam (3) | 3 |
2 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus | Pendidikan Inklusif/ Anak Berkebutuhan Khusus (3) | 3 | |
3 | Memiliki kemampuan dalam melaksanakan Pembelajaran Homeschooling | Pendidikan Homechooling | 2 | |
Total Bobot SKS | 8 |
Kompetensi Pendukung adalah Mata Kuliah Pilihan yang wajib tempuh salahsatunya
B. Klasifikasi Rumpun Mata Kuliah MBKM Prodi PAI
- Rumpun Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Wajib Universitas (MKWU)
No. | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 | MKWU 001 | Pendidikan Pancasila | 2 |
2 | MKWU 002 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3 | MKWU 003 | Pendidikan Anti Korupsi | 3 |
4 | MKWU 004 | Bahasa Indonesia Keilmuan | 3 |
5 | MKWU 005 | Bahasa Inggris | 3 |
6 | MKWU 006 | Pengembangan Social Character (KKN Tematik) | 2 |
7 | MKWU 007 | Bimbingan Spiritual Kemasyarakatan (KKN Tematik) | 2 |
Jumlah | 7 MK | 19 |
- Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Utama (MKKU)
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | MKKU 001 | Bahasa Arab | 3 |
2 | MKKU 002 | Baca Tulis Alquran (BTQ) | 2 |
3 | MKKU 003 | Sejarah Kebudayaan Islam | 3 |
4 | MKKU 004 | Al Qur’an Hadis | 3 |
5 | MKKU 005 | Fiqih/ Ushul Fiqh | 3 |
6 | MKKU 006 | Aqidah Akhlak | 3 |
7 | MKKU 007 | Tafsir Tarbawi | 2 |
8 | MKKU 008 | Hadis Tarbawi | 2 |
9 | MKKU 009 | Metode Studi Islam | 3 |
10 | MKKU 010 | Filsafat Ilmu | 2 |
11 | MKKU 011 | Sosiologi Pendidikan Islam | 3 |
12 | MKKU 012 | Kapita Selekta Pendidikan Islam | 3 |
13 | MKKU 013 | Psikologi Pendidikan | 3 |
14 | MKKU 014 | Budaya Islam Kutai | 2 |
15 | MKKU 015 | Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam | 3 |
16 | MKKU 016 | Sains Islam | 2 |
17 | MKKU 017 | Ilmu Pendidikan Islam | 3 |
18 | MKKU 018 | Filsafat Pendidikan Islam | 3 |
19 | MKKU 019 | Qiroatul Kutub (QK) | 2 |
20 | MKKU 020 | Psikologi Belajar | 2 |
21 | MKKU 021 | Perbandingan Pendidikan | 3 |
22 | MKKU 022 | Information Communication Technology (ICT) | 2 |
23 | MKKU 023 | Media Pembelajaran Berbasis ICT | 3 |
24 | MKKU 024 | Kewirausahaan | 2 |
25 | MKKU 025 | Pengantar Karya Tulis Ilmiah | 2 |
26 | MKKU 026 | Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (TPKTI) | 3 |
27 | MKKU 027 | Metode Penelitian Kuantitatif | 3 |
28 | MKKU 028 | Metode Penelitian Kualitatif | 3 |
29 | MKKU 029 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | 3 |
30 | MKKU 030 | Dasar-dasar Pendidikan | 2 |
31 | MKKU 031 | Statistik Pendidikan | 2 |
32 | MKKU 032 | Pendidikan Inklusif / Anak Berkebutuhan Khusus | 3 |
33 | MKKU 033 | Pendidikan Homeschooling | 2 |
34 | MKKU 034 | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 |
35 | MKKU 035 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) | 2 |
36 | MKKU 036 | Skripsi | 6 |
Jumlah | 36 MK | 95 |
- Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Peminatan (MKKKP)
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | MKKKP 001 | Etika Profesi Keguruan | 2 |
2 | MKKKP 002 | Pengembangan Pembelajaran SKI | 3 |
3 | MKKKP 003 | Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlaq | 3 |
4 | MKKKP 004 | Pengembangan Pembelajaran Al Qur’an Hadis | 3 |
5 | MKKKP 005 | Pengembangan Pembelajaran Fiqih | 3 |
6 | MKKKP 006 | Bimbingan Konseling | 3 |
7 | MKKKP 007 | Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam | 2 |
Jumlah | 7 MK | 19 |
- Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Lintas Prodi (MKKLP)
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS |
1 | MKKKLP 001 | Administrasi Pendidikan | 2 |
2 | MKKKLP 002 | Supervisi Pendidikan | 2 |
3 | MKKKLP 003 | Inovasi Pendidikan | 2 |
4 | MKKKLP 004 | Pengembangan Sistem dan Evaluasi PAI | 3 |
5 | MKKKLP 005 | Pengembangan Kurikulum PAI | 3 |
6 | MKKKLP 006 | Metode Khusus Pengembangan PAI | 3 |
7 | MKKKLP 007 | Desain Kewirausahaan Pendidikan | 2 |
Jumlah | 8 MK | 17 |
(Jumlah Total Bobot SKS Kurikulum sebanyak 148 SKS)
7. Struktur Kurikulum dan Distribusi Mata Kuliah
A. Semester I (Satu/ Ganjil)
B. Semester II (Dua/ Genap)
C. Semester III (Tiga/ Ganjil)
D. Semester IV (Empat/ Genap)
E. Semester V (Lima/ Ganjil)
F. Semester VI (Enam/ Genap)
G. Semester VII (Tujuh/ Ganjil)
H. Semester VIII (Delapan/ Genap)