BAB III

KURIKULUM KKNI PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

JENJANG SARJANA (S1)

1. Visi dan Misi Program Studi

a. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Unggul berdasarkan sains Islam dan menghasilkan lulusan berjiwa Sociopreneur pada tahun 2026.

b. Misi Program Studi

Misi Program Studi PAI FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran agama Islam yang unggul berdasarkan sains Islam dan berdaya saing.
  2. Mengembangkan suasana akademik yang responsif terhadap budaya Islam, lingkungan dan masyarakat melalui pengkajian, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membentuk unit kegiatan yang berorientasi pada peningkatkan kualitas Sociopreneur.
  4. Melaksanakan program yang berorientasi pada peningkatkan kemampuan Sociopreneur.

 

2. Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Program Studi PAI FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:

  • Menghasilkan lulusan yang berkualifikasi sebagai pendidik mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah/madrasah.
  • Terciptanya suasana akademik yang peka terhadap perkembangan kekinian.
  • Tersedianya unit kegiatan mahasiswa yang membentuk jiwa Sociopreneur.
  • Adanya program yang berorientasi pada nilai-nilai Sociopreneur.

3. Profil Lulusan Program Studi

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam di FAI UNIKARTA Tenggarong adalah:

A. Profil utama

Pendidik mata pelajaran Pendidikan agama Islam pada sekolah/ madrasah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK) yang memiliki akhlak mulia berlandaskan nilai-nilai sains Islam.

B. Profil Pendukung

  1. Peneliti Pendidikan.
  2. Praktisi Pendidikan
  3. Konsultan Pendidikan.

C. Profil Tambahan

  1. Guru Al-Qur’an bersertifikat nasional.
  2. Wirausahawan Pendidikan yang berwawasan Socioedupreneur.
  3. Pengembang bahan ajar PAI berbasis media ICT.
  4. Pelestari adat dan budaya lokal berbasis nilai-nilai Islam.

 

4. Kurikulum KKNI Program Studi

a. Deskripsi Umum

Secara umum rumusan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi untuk Program Studi PAI dapat dideskripsikan sebagai berikut:

 

Deskripsi Umum
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

1.         Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.         Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.

3.         Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

4.         Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

5.         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/ temuan original orang lain.

6.         Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Sedangkan Capaian Pembelajaran/ CP (Learning Outcome) Kualifikasi Level 6 KKNI, dideskripsikan sebagai berikut:

 Capaian Pembelajaran/ CP (Learning Outcome)
1.         Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

2.         Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural.

3.         Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

4.         Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

b. Deskripsi Generik dan Deskripsi Spesifik Level 6

  1. Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik(paragraf pertama).
    Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)
    Deskripsi Generik Level 6 (paragraf pertama)

    Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

     

    Deskripsi Spesifik :

    1.          Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

    2.          Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

    3.          Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

  2. Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik (paragraf kedua).
    Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)
    Deskripsi Generik Level 6 (paragraf kedua)

    Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

    Deskripsi Spesifik :

    1.          Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.

    2.          Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

    3.          Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.

    4.          Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.

    5.          Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/ madrasah.

  3. Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik (paragraf ketiga)
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)
Deskripsi Generik Level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

Deskripsi Spesifik :

1.       Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/ madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan

2.       Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik

3.       Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

  1. Deskripsi Generik Level 6 dan Deskripsi Spesifik(paragraf keempat)
Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)
Deskripsi Generik Level 6 (paragraf keempat)

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi spesifik :

1.      Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.

2.      Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

5. Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi

A. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

    1. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum dan Tata Nilai
Setiap lulusan program pendidikan akademik jenjang sarjana harus memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut;

1.           Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

2.           Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

3.           Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila

4.           Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta bertanggung jawab pada bangsa dan negara

5.           Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain

6.           Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

7.           Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8.           Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik

9.           Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri

10.       Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

11.       Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman

12.       Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya.

  1. Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus dan Tata Nilai
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus dan Tata Nilai
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki sikap khusus dan tata nilai sebagai berikut :

1.         Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;

2.         Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;

3.         Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

4.         Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan cinta menjadi pendidik, dan percaya diri.

5.         Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri.

6.         Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

B. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

    1. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut :

1.           Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

2.           Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)

3.           Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

4.           Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

5.           Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

6.           Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

7.           Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.

  1. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki pengetahuan khusus yang relevan dengan Pendidikan Agama Islam sebagai berikut:

1.          Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

2.          Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah

3.          Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.

4.          Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah.

5.          Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan Pendidikan Agama Islam yang mencakup bidang keilmuan al-qur’an-hadits, akidah-akhlak, ushul fikih-fikih, dan sejarah peradaban Islam.

6.          Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

7.          Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif

8.          Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/ madrasah

C. Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan

  1. Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Lulusan program sarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut :

1.          Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2.          Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3.          Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

4.          Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5.          Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6.          Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7.          Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

8.          Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.          Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

10.      Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

11.      Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

12.      Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar

13.      Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)

14.      Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.

  1. Capaian Pembelajaran Bidang Kemampuan Khusus
Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus
Lulusan program sarjana Pendidikan Agama Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

1.          Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum

2.          Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

3.          Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

4.          Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/ madrasah dan di masyarakat

5.          Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum

6.          Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran

7.          Mampu melaksanakan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah

8.          Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati

6. Lingkup Kurikulum MBKM Prodi PAI Mengacu kepada KKNI

A. Jenis Kompetensi, Mata Kuliah dan Bobot SKS

  1. Kompetensi Dasar
BagNo.Jenis KompetensiUraian Mata KuliahBobot SKS
Dasar
A1Memiliki kemampuan pengembangan kepribadian dan sikap sebagai warga global dan warga negara IndonesiaPendidikan Pancasila (2) Pendidikan Kewarganegaraan (2), Filsafat Ilmu (2) dan Pendidikan Anti Korupsi (3)9
2Memiliki Penguasaan keterampilan berbahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa InggrisBahasa Indonesia Keilmuan (3), Bahasa Inggris (3) dan Bahasa Arab  (3)9
3Memiliki penguasaan konsep sosial dan budaya lokalBudaya Islam Kutai (2)2
4Memiliki penguasaan konsep, substansi dan kajian IslamSejarah Kebudayaan Islam (3), Metode Studi Islam (3), Sains Islam (2), Al-Qur’an Hadis (3), Fiqih/ Ushul Fiqh (3), Aqidah Akhlak (3)17
5Memiliki kemampuan Penerapan dan Pengembangan ICTInformation Communication Technology (ICT) (3)3
6Memiliki pengalaman dan pengembangan wawasan keagamaanBaca Tulis Alquran (BTQ) (2), Qiroatul Kutub (2)4
7Memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya ilmiahPengantar Karya Tulis Ilmiah (2), Teknik Penulisan Karya Ilmiah (TPKI) (3), Seminar Proposal (0), Skripsi (6)11
8Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kemasyarakatanPengembangan Social Caracter (KKN Tematik) (2),  Bimbingan Spiritual Kemasyarakatan (KKN Tematik) (2)4
9Memiliki kemampuan bertindak EntrepreneurshipKewirausahaan (3), Desain Kewirausahaan Pendidikan (2)5
Total Bobot SKS73
  1. Kompetensi Utama
BagNo.Jenis KompetensiUraian Mata KuliahBobot SKS
Utama
B1Memiliki penguasaan Konsep dan Kajian Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah/ MadrasahSejarah Kebudayaan Islam (3), Al-Qur’an Hadis (3), Fiqih Ushul Fiqh (3), Aqidah Akhlak (3)12
2Memiliki penguasaan konsep landasan dan wawasan kependidikanDasar-dasar Pendidikan (3), Perbandingan Pendidikan (2), Kapita Selekta Pendidikan Islam (3), Filsafat Pendidikan Islam (3), Ilmu Pendidikan Islam (3), Sosiologi Pendidikan Islam (3), Tafsir Tarbawi (2), Hadis Tarbawi (2), Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam (3)24
3Memiliki kemampuan mendesain dan merencanakan pendidikan dan pembelajaran PAIInovasi Pendidikan (2), Perencanaan Sistem PAI (3), Perencanaan Pembelajaran PAI (2), Pengembangan Pembelajaran SKI (3), Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak (3), Pengembangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis (3), Pengembangan Pembelajaran Fiqih (3).19
4Memiliki kemampuan dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum PAIPengembangan Kurikulum PAI (3)3
5Memiliki kemampuan dalam menerapkan metode dan strategi pembelajaran PAIMedia Pembelajaran Berbasis ICT (3), Micro Teaching (3), Metode Khusus Pengembangan PAI (3),9
6Memiliki kemampuan dalam menerapkan evaluasi proses dan hasil pembelajaran PAIPengembangan Sistem Evaluasi PAI (3)3
7Memiliki kemampuan dalam memahami karakteristik peserta didikPsikologi Pendidikan (3), Psikologi Belajar (3), Bimbingan Konseling (3)9
8Memiliki kemampuan dalam melaksanakan kegiatan administrasi dan supervisi pendidikan di Sekolah/ MadrasahAdministrasi Pendidikan (2) Supervisi Pendidikan (2)4
9Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah pendidikan Agama Islam (PAI) secara ilmiahStatistik Pendidikan (3), Metode Penelitian Kuantitatif (3), Metode Penelitian Kualitatif (3), Penelitian Tindakan kelas (PTK) (3)12
10Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas keguruan di Sekolah/ MadrasahPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) (3), Etika Profesi Keguruan (3)6
Total Bobot SKS101
  1. Kompetensi Pendukung
BagNo.Jenis KompetensiUraian Mata Kuliah *)Bobot SKS
Pendukung
C1Memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas manajerial pendidikan IslamManajemen Kelembagaan Pendidikan Islam (3)3
2Memiliki kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khususPendidikan Inklusif/ Anak Berkebutuhan Khusus (3)3
3Memiliki kemampuan dalam melaksanakan Pembelajaran HomeschoolingPendidikan Homechooling2
Total Bobot SKS8

Kompetensi Pendukung adalah Mata Kuliah Pilihan yang wajib tempuh salahsatunya

B. Klasifikasi Rumpun Mata Kuliah MBKM Prodi PAI

  1. Rumpun Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Wajib Universitas (MKWU)
No.KodeMata KuliahSKS
1MKWU 001Pendidikan Pancasila2
2MKWU 002Pendidikan Kewarganegaraan2
3MKWU 003Pendidikan Anti Korupsi3
4MKWU 004Bahasa Indonesia Keilmuan3
5MKWU 005Bahasa Inggris3
6MKWU 006Pengembangan Social Character (KKN Tematik)2
7MKWU 007Bimbingan Spiritual Kemasyarakatan (KKN Tematik)2
Jumlah 7 MK19
  1. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Utama (MKKU)
No.KodeNama Mata KuliahSKS
1MKKU 001Bahasa Arab3
2MKKU 002Baca Tulis Alquran (BTQ)2
3MKKU 003Sejarah Kebudayaan Islam3
4MKKU 004Al Qur’an Hadis3
5MKKU 005Fiqih/ Ushul Fiqh3
6MKKU 006Aqidah Akhlak3
7MKKU 007Tafsir Tarbawi2
8MKKU 008Hadis Tarbawi2
9MKKU 009Metode Studi Islam3
10MKKU 010Filsafat Ilmu2
11MKKU 011Sosiologi Pendidikan Islam3
12MKKU 012Kapita Selekta Pendidikan Islam3
13MKKU 013Psikologi Pendidikan3
14MKKU 014Budaya Islam Kutai2
15MKKU 015Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam3
16MKKU 016Sains Islam2
17MKKU 017Ilmu Pendidikan Islam3
18MKKU 018Filsafat Pendidikan Islam3
19MKKU 019Qiroatul Kutub (QK)2
20MKKU 020Psikologi Belajar2
21MKKU 021Perbandingan Pendidikan3
22MKKU 022Information Communication Technology (ICT)2
23MKKU 023Media Pembelajaran Berbasis ICT3
24MKKU 024Kewirausahaan2
25MKKU 025Pengantar Karya Tulis Ilmiah2
26MKKU 026Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (TPKTI)3
27MKKU 027Metode Penelitian Kuantitatif3
28MKKU 028Metode Penelitian Kualitatif3
29MKKU 029Penelitian Tindakan Kelas (PTK)3
30MKKU 030Dasar-dasar Pendidikan2
31MKKU 031Statistik Pendidikan2
32MKKU 032Pendidikan Inklusif / Anak Berkebutuhan Khusus3
33MKKU 033Pendidikan Homeschooling2
34MKKU 034Perencanaan Pembelajaran PAI2
35MKKU 035Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)2
36MKKU 036Skripsi6
Jumlah 36 MK95
  1. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Peminatan (MKKKP)
No.KodeNama Mata KuliahSKS
1MKKKP 001Etika Profesi Keguruan2
2MKKKP 002Pengembangan Pembelajaran SKI3
3MKKKP 003Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlaq3
4MKKKP 004Pengembangan Pembelajaran Al Qur’an Hadis3
5MKKKP 005Pengembangan Pembelajaran Fiqih3
6MKKKP 006Bimbingan Konseling3
7MKKKP 007Manajemen Kelembagaan Pendidikan Islam2
Jumlah 7 MK19
  1. Rumpun Mata Kuliah Keilmuan Keahlian Lintas Prodi (MKKLP)
No.KodeNama Mata KuliahSKS
1MKKKLP 001Administrasi Pendidikan2
2MKKKLP 002Supervisi Pendidikan2
3MKKKLP 003Inovasi Pendidikan2
4MKKKLP 004Pengembangan Sistem dan Evaluasi PAI3
5MKKKLP 005Pengembangan Kurikulum PAI3
6MKKKLP 006Metode Khusus Pengembangan PAI3
7MKKKLP 007Desain Kewirausahaan Pendidikan2
Jumlah8 MK17

(Jumlah Total Bobot SKS Kurikulum sebanyak 148 SKS)

7. Struktur Kurikulum dan Distribusi Mata Kuliah

A. Semester I (Satu/ Ganjil)

B. Semester II (Dua/ Genap)

C. Semester III (Tiga/ Ganjil)

D. Semester IV (Empat/ Genap)

E. Semester V (Lima/ Ganjil)

F. Semester VI (Enam/ Genap)

G. Semester VII (Tujuh/ Ganjil)

H. Semester VIII (Delapan/ Genap)