KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, tiada kata yang pantas untuk diucapkan selain ucapan syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan karena pada akhirnya Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara secara perlahan dapat melakukan upaya penataan kelembagaan secara internal, khususnya setelah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Sarjana (S1) kembali memperoleh peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan BAN-PT Nomor 0995/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana, yaitu dengan menata kurikulum program studi.

Langkah ini dilakukan dengan menetapkan berlakunya Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jenjang Sarjana (S1) pada Jurusan Tarbiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Kutai Kartanegara di tahun akademik 2016/ 2017.

Beberapa landasan yuridis pemberlakuan Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Sarjana (S1) ini, antara lain:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  2. Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi; serta
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Selain itu, upaya penataan secara internal mutlak dibutuhkan untuk menyongsong tantangan kelembagaan Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara ke depannya. Adanya perubahan visi dan misi lembaga harus disikapi dengan melakukan kegiatan kerja kelembagaan yang sesuai dengan semangat perubahan visi dan misi tersebut. Karena tidak lain ini merupakan wujud tanggung jawab pengelola Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara terhadap eksistensi lembaganya. Adapun saat ini visi dan misi Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara, menjadi:

  1. Visi : “Unggul dalam pengembangan pendidikan Islam yang berorientasi pada jiwa kemandirian”.
  2. Misi :
  • Mengembangkan Pendidikan Islam melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,
  • Membina mahasiswa yang dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan bermasyarakat, serta
  • Mengembangkan citra akademik sebagai perguruan tinggi agama Islam berorientasi kemandirian”.

Dokumen Kurikulum KKNI Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jenjang Sarjana (S1) ini adalah hasil refleksi dan re‐invent pada tingkat program studi sebagai bentuk co-creation bersama sivitas akademika dan stakeholders terkait sehingga dapat merumuskan kurikulum baru yang sesuai dengan tuntutan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi serta sebagai bagian dari proses penyesuaian dan perbaikan secara berkelajutan (continuous improvement) terhadap kurikulum yang diterapkan di program studi.

Meski demikian kami menyadari bahwa hasil yang telah diraih saat ini belumlah dapat dianggap sempurna sepenuhnya. Oleh karena itu masih perlu untuk dikritisi dan diberikan masukan untuk perbaikan dan kesempurnaan di masa yang akan datang.
Semoga ke depan upaya pengembangan kurikulum ini dapat bermanfaat untuk mencapai kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Fakultas Agama Islam, Universitas Kutai Kartanegara.

Tenggarong,   19 Agustus 2016
16 Dzulqaidah 1437DEKAN,

H. MUBARAK, S.Pd.I., M.Pd.I
NIK. 61010 0206 080982