Laboratorium Micro Teaching adalah Unit Pelaksana Teknis yang berfungsi sebagai sarana pembinaan kemampuan pembelajaran bagi para mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara. Laboratorium Micro Teaching ini juga difungsikan untuk membina kemampuan pembelajaran dalam bentuk kursus dan pelatihan bagi dosen.

Ilustrasi: Laboratorium Micro Teaching yang saat ini sedang dalam tahap perencanaan

Sarana laboratorium ini tengah dikembangkan untuk melatihan pembelajaran yang berbasis multimedia oleh dosen dan mahasiswa. Direncanakan di laboratorium ini difasilitasi dengan beberapa fasilitas sebagai penunjang kegiatan latihan pembelajaran yaitu Kursi pengajar, Kursi Lipat Siswa, Home Speaker + Mic + UPS , Screen LCD, LCD Player, Meja Presentator, AC, White Board dan Video Shooting.

Ilustrasi: Laboran tengah mengawasi jalannya Pembelajaran Micro Teaching yang terhubung melalui jaringan

Selain itu Laboratorium Micro Teaching ini akan dimanfaatkan sebagai pusat produksi bahan ajar multimedia interaktif sehingga mampu digunakan sebagai pembelajaran jarak jauh modern melalui jaringan lokal/intranet/internet. Ruangannya pun didesain kedap suara agar proses latihan pembelajaran tidak mempengaruhi dan mendapat pengaruh suara dari luar.