FAI UNIKARTA GANDENG QS1 UNTUK RAIH ISO

TENGGARONG- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong menggandeng Lembaga penjamin mutu QS1 Jakarta untuk bisa meraih sertikat ISO 9001:2008 manajemen mutu pelayanan terbaik. Senin (15/2) lalu dua orang auditor dari QS1 melakukan kunjungan ke Unikarta, melakukan pendampingan dan evaluasi kinerja FAI Unikarta. Hal ini dilakukan sebagai syarat untuk meraih sertifikat ISO. Rektor Unikarta Dr Sabran mengharapkan FAI dapat meraih sertifikat ISO dan bisa menjadi contoh bagi fakultas di lingkungan Unikarta.

“Kami mengharapkan kepada auditor QS1 bisa mendampingi dan mengevaluasi kinerja FAI Unikarta, agar bisa meraih ISO dan jadi cerminan bagi fakultas yang lain. Kepada auditor untuk bisa bersifat obyektif. Katakan yang baik, apabila memang FAI sudah baik, dan katakan saja, apabila ada yang harus diperbaiki, maka kami dari manajemen Unikarta siap mem-perbaikinya,“ kata Sabran.

Sementara itu salah satu auditor QS1, Bambang mengatakan, yang menjadi standar penilaian pihaknya adalah pelayanan FAI. “Apabila audit yang kami lakukan hasilnya mayor, maka FAI dalam menjalankan manajemen pengelolaan fakultas terjadi kesalahan, akan tetapi tidak ada bukti ditemukan. Dan apabila hasil audit kami hasilnya minor, ini berarti sudah punya Standar Operasional Prosedur (SOP), tapi tidak menjalankan SOP tersebut,” katanya.
Menurutnya, yang menjadi penilaian QS1 juga tentang mekanisme perbaikan dokumen, jangan sampai dokumen kelembagaan sulit diindentifikasi akibat kelalaian personal. Hal seperti itu, menurutnya, sangat tidak baik dalam menjalankan manajemen dokumen, dan ini harus segera diperbaiki.

“Jika penilaianya mayor, maka manajemen FAI Unikarta harus memperbaiki selama tiga bulan. Sedangkan jika minor, maka manajemen harus segera mem-perbaikinya dan SOP yang dibuat harus dijalankan, “ katanya.

Bambang juga berpesan, jika sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008 manajemen mutu juga akan percuma, kalau seluruh jajaran FAI Unikarta tidak berkomitmen secara keseluruhan dan kontinyu, untuk tetap menjalankan sitem yang sudah diperbaiki. Semua pihak harus membangun komitmen secara bersama-sama.

Sementara itu Dekan FAI Unikarta, Misran berharap agar FAI bisa meraih sertifikat ISO. “Karena kami berkomitmen untuk memperbaiki mutu pelayanan pengelolaan PT yang baik, apalagi FAI juga sudah meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi(BAN-PT),” tambahnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments