FAI UNIKARTA BERTEKAD MENCETAK GENERASI QURANI

TENGGARONG – Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara (FAI Unikarta) tidak main-main di dalam memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan SDM di Kutai Kartanegara.

FAI Unikarta pada tahun ini secara perdana menggelar Lomba MTQ Tingkat Mahasiswa dan SMA se-Kaltim. Lomba ini selain upaya untuk mensinkronkan dengan program pemerintah yakni Gerakan Etam Mengaji program Gerbang Dayaku jilid II ini, juga sekaligus ingin berkontribusi nyata dalam mencetak generasi qurani di Kaltim.

CETAK SARJANA PLUS: Rektor Dr. Sabran bersama Dekan FAI, beserta Ketua LPTQ H. Encek Mugnidin. B. Sc dan Kepanitiaan MTQ. (FOTO: HERI/KK)

Rektor Unikarta Dr. Sabran mengatakan lomba ini merupakan bagian penting dari visi misi ‘Kampus Ungu’ yaitu untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, bermoral dan berwirausaha. “Pada sisi lain juga ini erat kaitannya dengan program pemerintah yakni Gerakan Etam Mengaji. Secara rutinitas memang di Unikarta telah melakukan program-program yang bersifat akademik misalnya saja program spiritual gathering yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan juga program lainnya dalam rangka untuk menciptakan dan mengkreasi lulusan yang kita harapkan sesuai dengan visi misi kita,” katanya kepada Koran Kaltim.

Untuk diketahui ada empat cabang lomba yang diselenggarakan dalam ajang perdana kali ini yakni Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Syahril Quran (MSQ), Musabaqah Khatthil Quran (MKQ) dan Musabaqah Makalah Ilmiah Quran (MMIQ) diselenggarakan mulai 31 Juli sampai 4 Agustus.

Rapat Koordinasi Persiapan MTQ Unikarta

Rektor menegaskan, disamping fokus pada program kewirausahaan juga ingin memperdalam kajian pengembangan tilawatil Quran. “Ini penting dan sesuai harapan kita semua. Nanti kalau dahulu itu ada yang disebut ulama plus, saya berharapa ke depan ini ada sarjana plus. Punya ijazah punya kemampuan secara akademik tetapi juga memiliki kemampuan di bidang keagamaan,” tegasnya.

“Kita ingin menyajikan itu kepada masyarakat kepada keluarga bahwa mahasiswa Unikarta memiliki plus baik itu bisa berwirausaha, memiliki kemampuan di bidang akademik penelitian dan sebagainya tetapi juga paham tentang ilmu keagamaan terutama tilawatil Quran,” imbuh Sabran. (Sumber: KoranKaltim)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments