FAI BERTEKAD MENJADIKAN UNIKARTA SEBAGAI BAITULQURAN LPTQ

TENGGARONG – FAI Unikarta sukses melaksanakan Pembukaan Pelatihan Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati (30/09/2017). Bertempat di ruang Panji Selaten (Samping Musholla Al-Hijrah) pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara selaku Ketua LPTQ Kutai Karanegara (Drs. Edi Damansyah, M.Si), Plt. Rektor Unikarta (Erwinsyah, SE., M.Si. C.L.A.), Rektor Unikarta Periode 2014-2017 (Dr. Sabran, SE., M.Si), Kabag Kesra Pemkab Kutai Kartanegara selaku Wakil Ketua II LPTQ (H. M. Arsyad, S.Sos., M.Si.), Wakil Ketua III LPTQ (Drs. H. Djureimi), Wakil Ketua IV LPTQ (H. Encek Mugniddin, B.Sc), Dekan FAI Unikarta (H. Mubarak, S.Pd.I., M.Pd.I), Perwakilan Pesantren Alquran Nurul Falah Surabaya (Imam Wahyudi, S.Pd.), serta para tamu dan undangan lainnya.

Wakil Bupati kukar (Edi Damansyah) foto bersama setelah prosesi Pembukaan Pelatihan Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati di Kampus Unikarta

Dekan FAI mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan Standarisasi Guru Alquran Metode Tilawati ini telah tiga kali dilaksanakan oleh FAI Unikarta dengan peserta sebanyak 300 orang mahasiswa yang telah mengikutinya. “Sejak 2015 FAI Unikarta telah melaksanakan standarisasi kepada para mahasiswa dibawah pengelolaan Pesantren Alquran Nurul Falah Surabaya yang diwakili oleh TEC (Tilawati Education Centre) Kutai Kartanegara. Sejak 2016-2017 pembelajaran Alquran ini telah masuk dalam Kurikulum Wajib dengan Mata Kuliah BTQ (Baca Tulis Alquran). Tahun 2017-2018 FAI Unikarta bertekad menjadikan Unikarta sebagai Baitulquran LPTQ” katanya. Dia menambahkan “Untuk mempelajari Alquran maka diperlukan kemampuan berbahasa Arab yang baik, oleh karenanya pada hari ini kami akan me-launching metode cepat agar mampu membaca Kitab Kuning yang bernama Metode Al-Miftah Lil Ulum”. Dekan FAI juga mengucapkan rasa terimakasihnya atas apresiasi Wakil Bupati, Plt. Rektor, Pesantren Nurul Falah dan semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini.

Penyerahan Cenderamata kepada Wakil Bupati Kutai Kartanegara

Senada dengan Dekan FAI, Direktur TEC sebagai Perwakilan Pesantren Alquran Nurul Falah Surabaya, mengatakan bahwa “Para mahasiswa FAI saat ini telah menjadi ujung tombak pembelajaran Alquran di Kutai Kartanegara yang merelevansikan program Pemkab Kutai Kartanegara melalui Program Gema (Gerakan Etam Mengaji). Oleh karenanya, perlunya support yang besar dari semua pihak untuk membantu FAI Unikarta memberantas buta Alquran di Kutai Kartanegara” katanya.

Dilain pihak, Plt. Rektor Unikarta menyambut baik kegiatan Pelatihan Standarisasi Guru Alquran ini. Katanya “Perlahan, standarisasi profesi kini mulai dibutuhkan sehingga Guru Alquran pun perlu distandarisasi secara nasional”. “Saya memberikan apresiasi kepada FAI Unikarta yang telah melaksanakan kegiatan ini” ucapnya.

Senada dengan hal ini, Wakil Bupati Kutai Kartanegara menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh FAI Unikarta ini. Dia mengatakan “Kerjasama antara LPTQ dan Unikarta beberapa waktu yang lalu telah memberikan dampak yang baik untuk pengembangan Alquran di Kutai Kartanegara, khususnya oleh FAI Unikarta Saya mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya atas keterlibatan semua pihak dalam pengembangan tilawatil quran di kabupaten Kutai Kartanegara” pungkasnya.

Pembukaan acara ini kemudian diakhiri dengan serah terima secara simbolis Alquran sebanyak 100 eksemplar dari LPTQ Kutai Kartanegara kepada Plt. Rektor Unikarta, dan cendera mata berupa buku-buku dan CD pengembangan Tilawatil Quran dari Pesantren Nurul Falah Surabaya kepada Pemkab Kutai Kartanegara dan Plt. Rektor Unikarta. (Mbr001)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments