DELEGASI PESANTREN AL-QURAN NURUL FALAH SURABAYA KUNJUNGI FAI UNIKARTA

TENGGARONG – Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya mengutus delegasinya untuk berkunjung ke Fakultas Agama Islam Universitas Kutai Kartanegara (FAI Unikarta). Hadir dalam kunjungan tersebut Ustaz Zainal Hadi, S.Hi (Qori Propinsi Jawa Timur/Pengajar Al-Qur’an) dan Ustaz Imam Wahyudi, S.Pd. (Direktur TEC Kutai Kartanegara/Pengajar Al-Qur’an). (27/07/2017). Menurut Imam Wahyudi, kedatangannya ke FAI Unikarta untuk mendiskusikan kembali dokumen hasil kerjasama yang telah dilakukan antara Unikarta dan Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya. “Dokumen MoU dan MoA yang telah ditandatangani keduabelah pihak perlu dievaluasi, ini pesan dari Pusat (Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya-red)” katanya.

Kunjungan Delegasi Pesantren Al-Quran Nurul Falah Surabaya. Kiri-Kanan: Sofian Efendi, Zainal Hadi, Imam Wahyudi, Mubarak

Dekan FAI Unikarta, Mubarak, bersama Wakil Dekan I, Sofian Effendi menyambut baik kedatangan delegasi Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya. Dalam sambutannya Mubarak menyampaikan terimakasih atas perhatian dari Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya dan jika diperkenankan oleh Rektor Unikarta akan membalas kunjungan ke Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya.

Mubarak menyampaikan bahwa FAI Unikarta akan terus berkomitmen mengembangkan Al-Qur’an di FAI Unikarta. Hal ini katanya sejalan dengan visi Unikarta untuk mengembangkan perguruan tinggi yang mampu menghasilkan mahasiswa yang berpengetahuan, bertakwa dan berakhlak mulia. Ia juga menegaskan bahwa melalui Kurikulum Program Studi PAI pembelajaran Alquran telah diakomodir melalui mata kuliah BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an), dimana mata kuliah ini membelajarkan metode Tilawati sebagai porosnya. FAI Unikarta juga mendorong pelaksanaan Standarisasi Guru Al-Qur’an, yang akan dilaksanakan di semester ganjil 2017/2018 ini. “Jika tidak berhalangan, semua Fakultas di Unikarta perlu diundang untuk mengikuti Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati ini” kata Mubarak.

Pembahasan awal evaluasi kerjasama FAI Unikarta dengan Peantren Alquran Nurul Falah

Sejalan dengan hal tersebut, Sofian Effendi, menegaskan bahwa melalui Kurikulum KKNI terbaru, bagi mahasiswa FAI Unikarta mengikuti Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati ini telah menjadi kewajiban sebelum menghadapi sidang Munaqasah (pendadaran). “Ini menjadi persyaratan mutlak bagi mahasiswa FAI sebelum menyelesaikan studinya” kata Sofian Effendi, yang juga menjabat sebagai Direktur Daerah LPPTKA BKPRMI Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Menutup pertemuan tersebut Imam Wahyudi menegaskan komitmennya bersama Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya untuk membantu FAI Unikarta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Quran. (Mbr001)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments